shadow

Seminar Nasional Pembelajaran Kreatif & Inovatif Bersama Ganesha Operation, Penerbit Duta, dan MGMP Fisika

Posted by Syahrul Ghani , category Info Pendidikan, read 1129

Cirebon, Sabtu 10 Oktober 2015, Penerbit Duta bersama Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation(GO) kembali menunjukkan kepeduliannya di dunia pendidikan. Bersama MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Fisika Kota Cirebon, GO menggelar Seminar Nasional yang bertajuk Pembelajaran Kreatif dan Inovatif, Sabtu (10/10), bertempat di Ballroom Hotel Aston, Jalan Brigjen Dharsono (by pass) Cirebon. Seminar nasional ini dihadiri oleh dua tokoh nasional yakni, Direktur Utama Bimbel GO sekaligus Direktur Penerbit Duta Dr. Ir. Bob Foster, M.M sebagai pemateri Pembelajaran Kreatif dan Inovatif, dan Guru Besar Unpad Prof. Dr. H. Said Hamid Hasan, MA sebagai pemateri Siswa-Siswi Belajar Aktif dalam Kurikulum 2013. Turut hadir pula Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon Dr. H. Wahyo, M.Pd yang membuka acara seminar nasional tersebut.

Dalam seminar nasional tersebut, Direktur Utama GO, Bob Foster menyampaikan bahwa inovasi muncul dari kreativitas seseorang. Seseorang yang memiliki kreativitas dan mampu berpikir di luar kotak akan mencapai kesuksesan. Terkait dengan peserta seminar yang diikuti oleh lebih dari 350 orang guru yang merupakan perwakilan dari seluruh nusantara diantaranya Jakarta, Banten, Tegal, Yogyakarta dan daerah lainnya, Bob Foster menegaskan dalam dunia pendidikan salah satu hal yang mendasar adalah inovasi. Inovasi perlu dilakukan untuk membuat suasana belajar yang menyenangkan, dan kita sebagai guru harus bisa menjadi bagian dari problem solving, tegasnya.

Lebih lanjut Bob Foster menuturkan bahwa Indonesia memiliki banyak orang yang cerdas dan potensial untuk dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia, hal tersebut akan terjadi jika para guru menerapkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Inovasi dan kreativitas menjadi hal yang sangat penting dalam pembelajaran dan pengembangan diri, tuturnya.

Sementara Said Hamid selaku Guru Besar Unpad menambahkan dalam pembelajaran kreatif siswa harus aktif dengan jejaringnya masing-masing, namun guru menjadi fasilitator. Pengalaman guru di dunia pembelajaran dan teknologi agar terus ditingkatkan, dengan demikian siswa dapat membangkitkan kreativitas, belajar mandiri, dan berpikir kritis. Pembelajaran kreatif, aktif, kalau diantar ke depan itu, siswa menjadi pembelajar mandiri dan kritis, jelasnya.

Pembelajaran kreatif dan inovatif yang digelar Ganesha Opertion dan Penerbit Duta bersama MGMP Fisika Kota Cirebon bertujuan untuk memenuhi serta memotivasi guru agar kreatif dan inovatif dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar , sehingga dapat menumbuhkan karakter siswa. Hal ini dikarenakan perkembangan karakter generasi muda yang sangat memprihatinkan, sementara di era yang semakin kompetitif ini untuk membangun bangsa yang besar dibutuhkan generasi penerus yang berjiwa tangguh, disiplin, tanggungjawab, jujur dan mampu bekerjasama.


Muh. Deni Johansyah-Ganesha Operation
Jalan Purnawarman 34-36B
Bandung, Jawa Barat

07Des2015