shadow

Tetap Fokus pada Visi

Posted by Administrator , category Renungan, read 1110

Tetap Fokus pada Visi

Coba perhatikan seorang pemanah yang sedang berlatih ataupun bertanding. Sebelum ia memanah dia akan konsentrasi dan selalu fokus pada sasaran yang ia tuju. Sambil fokus pada sasaran, ia memperhatikan betul arah angin saat itu. Dari latihan yang ia lakukan, ia tahu betul seberapa kuat ia harus merentangkan tali busur agar gangguan angin dapat ia meminimalis gangguan dan anak panah tepat mencapai arah yang ia inginkan. Kunci keberhasilan seorang pemanah adalah fokus pada visi untuk meraih target yang ia inginkan.

Begitu juga dalam hal  belajar, fokus menjadi kata penting yang  tidak boleh ditinilustrasiggalkan. Kunci  keberhasilan seorang pelajar adalah  mengerti dan memahami pelajaran  yang ia tekuni. Pemahaman pada bab- bab awal menjadi kunci keberhasilan  siswa dalam mempelajari bab  selanjutnya. Apapun materi yang diajarkan  pemahaman awal sangatlah penting.  Sebelum bisa menyelesaikan soal- soal matematika, siswa harus paham betul  materi yang mendahului dan  menjelaskan soal-soal tersebut. Dan kunci  untuk memahami pelajaran ini adalah  fokus. Jika siswa tidak fokus di awal dan  mudah terganggu serta hilang konsentrasi,  bab-bab selanjutnya ia akan sulit memahami.

Tentunya siswa sekalian sudah punya visi yang akan di raih di massa depan. Jikalau belum, segera tetapkan visi sesegera mungkin. Dan yang sudah punya visi bersyukurlah karena kalian sudah berada pada jalur yang benar. Namun, jangan berbesar hati dulu. Dalam perjalanan meraih visi akan banyak rintangan yang dihadapi. Kerahkan segenap tenaga agar rintangan tetap bisa diatasi. Secara rutin introspeksi apakah perjalananmu tetap berada pada jalur, dan kembali ke track visi kamu agar tidak terlalu jauh melenceng dari raihan visimu.

Hal Yang Menyebabkan Tidak Fokus
Banyak hal yang menyebabkan pandangan siswa tidak fokus pada visi. Apalagi di jaman dimana sudah tidak ada batas ruang di dunia ini. Yang paling membuat siswa tidak fokus pada visi menurut sebuah situs adalah media sosial. Meski Anda tidak menderita gangguan konsentrasi (ADHD), dunia modern sekarang ini penuh dengan hal-hal yang membunuh konsentrasi. Demikian menurut Lucy Jo Palladino, PhD. Ia mengatakan media sosial merupakan salah satu penyebab utama kita kehilangan fokus pada visi. Setiap perubahan status atau komentar bisa membuat perhatian langsung teralihkan. Tahanlah diri untuk tidak masuk (login) ke dalam situs jejaring sosial ketika Anda sedang melakukan pekerjaan besar. Anda bisa memuaskan rasa penasaran akan status terkini teman Anda ketika istirahat makan siang. Bila Anda masih juga tidak bisa menahan diri, carilah tempat dimana Anda tidak bisa mengakes internet, atau tinggalkan dulu smartphone Anda di laci.

Hal lain yang menyebabkan siswa hilang fokusnya dari visi adalah rasa kebosanan. Mengerjakan tugas-tugas rutin dengan cepat akan menimbulkan kebosanan sehingga kita pun dengan mudah teralihkan pada hal lain, seperti internet atau ponsel. Tak ada salahnya menghadiahi diri sendiri setelah kita mampu fokus pada satu pekerjaan dalam periode tertentu. Misalnya secangkir kopi setelah 2 jam menyelesaikan sebuah laporan.

Kadang kelelahan juga menyebabkan siswa tidak fokus pada visi. Siapa pun akan sulit berkonsentrasi saat tubuh didera rasa lelah. Penelitian menunjukkan kurang tidur sering membuat kita tidak fokus, bahkan kehilangan memori jangka pendek. Solusinya, remaja dan dewasa butuh 7-9 jam waktu tidur setiap malam. Karena itu jadikan waktu tidur sebagai prioritas Anda di penghujung hari.

Jadi, cek visi kamu dan jika ada penyimpangan dari arah visi segera kembali ke visi. Benahi segala sesuatu yang menyebabkan kamu tidak fokus ke visi.

28Agt2012