shadow

SISWA GANESHA OPERATION MERAIH MEDALI PADA KEGIATAN "ASMOPS"

Posted by , category HOT NEWS, read 1118

SISWA GANESHA OPERATION MERAIH MEDALI PADA KEGIATAN

ASIAN SCIENCE & MATH OLYMPIAD FOR PRIMARY SCHOOL (ASMOPS)


         Sungguh dasyat! Setiap tahun Ganesha Operation (GO) membuat kejutan. Tahun ini prestasi GO lebih spektakuler setelah salah satu siswa GO Depok yang baru duduk di kelas 5 SD mampu meraih prestasi yang luar CourtesyOfGObiasa pada kegiatan 1st Asian Science & Math Olympiad for Primary School (ASMOPS) yang dilaksanakan pada tanggal 14-18 November 2011 di Surya Research and Education (SuRE) Centre Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten. Pada ajang itu, Fauzan Rafif Widyanto, siswa yang belajar di GO Depok dan juga tercatat sebagai siswa di SD Negeri Beji 06 Depok, berhasil meraih medali perunggu untuk bidang studi matematika. Keikutsertaan Fauzan pada olimpiade ini adalah mewakili GO atas undangan khusus dari Prof. Yohanes Surya, Ph.D. Prestasi ini tentu hasil kerja sama yang baik antara siswa, orang tua siswa, sekolah, dan GO.

ASMOPS adalah perlombaan di bidang sains dan matematika untuk siswa SD se-Asia yang diselenggarakan oleh Surya Institute dan diprakarsai oleh Prof. Yohanes Surya, Ph.D. Tujuan dari ajang ini adalah untuk memotivasi para siswa agar menyukai matematika dan sains sejak dini. Olimpiade ini diikuti oleh 131 peserta yang terdiri dari 87 siswa untuk bidang Matematika dan 44 peserta untuk bidang Sains. Peserta berasal dari Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Prestasi yang diraih oleh putra bungsu dari pasangan Drs. Untung Widyanto dan Endang Widowati menunjukan bahwa kegiatan GO sudah berada di rel yang tepat. Salah satu misi GO adalah menghasilkan siswa berprestasi tingkat nasional dan internasional. Untuk itu GO melakukan pembinaan dan pemantauan prestasi siswa di tingkat sekolah, kota, provinsi, nasional, maupun internasional. Sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi yang diraih, GO selalu memberikan penghargaan berupa beasiswa bagi siswa GO yang mendapatkan prestasi di semua tingkatan. Diharapkan hal ini menjadi pemacu bagi siswa untuk lebih berprestasi.

            Apa rahasia sukses GO? Dalam proses belajar mengajar GO menerapkan metode yang disebut Revolusi Belajar. Revolusi Belajar adalah metode belajar yang mengoptimalkan penggunaan otak kiri dan otak kanan sehingga belajar menjadi lebih menyenangkan dan pelajaran mudah dimengerti. Melalui sofware EPB (Evaluasi Prestasi Belajar) GO mampu memprediksi kekuatan dan kelemahan belajar siswa  sehingga pelayanan terhadap siswa tepat, unik, dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa. GO memberikan konsep The King untuk menyelesaikan soal secara singkat dan akurat . Di samping itu, GO juga membekali siswa dengan teknik mengingat untuk pelajaran hafalan. Di tengah pelajaran pengajar GO selalu mengajak siswa melakukan break selama 5 menit. Break ini diisi dengan permainan atau brain gym (senam otak) yang mampu menghilangkan rasa jenuh siswa.

GO membangkitkan motivasi siswa dengan memberikan seminar M3 (Meeting on Maximizing Motivation). Dengan begitu, siswa akan mempunyai visi, passion, rasa percaya diri, dan fokus dalam belajar. Motivasi siswa yang tinggi tercermin dari meningkatnya permintaan layanan ekstra berupa TST (Tutorial Service Time). Dengan layanan ini, siswa GO diberikan kebebasan untuk meminta tambahan di luar jam belajar manakala ada materi yang belum dimengerti oleh siswa saat belajar baik di sekolah ataupun di GO. Seminar motivasi juga diberikan kepada orang tua siswa melalui kegiatan Parents Meeting.

Fauzan yang memang getol meminta TST mampu membuktikan bahwa siswa GO dapat meraih penghargaan tidak hanya sekedar di tingkat nasional tetapi juga di tingkat Asia. Maju terus pendidikan Indonesia.

29Nov2011