shadow

Tipe Soal Fisika SNMPTN-1

Posted by , category GO's Tips, read 1165

Sebelum melakukan perlombaan balap sepeda motor Moto GP, para pembalap diberi sesi latihan di lintasan balap. Gunanya agar ia mengenal lintasannya agar pada saat lomba ia lancar dan kenal segala tikungan dan karakteristik lintasan balap. Harapan yang lebih lanjut adalah ia menjadi pemenang lomba karena itu tujuan akhir ia mengikuti lomba.

Mengikuti SNMPTN punya kemiripan dengan lomba Moto GP. Agar kamu tidak gugup ketika mengikuti SNMPTN tentu kamu harus mengenal “lintasan” lomba. Mengenali soal SNMPTN dengan cara berlatih mengerjakan soal jauh hari sebelum mengikuti SNMPTN adalah hal yang harus kamu lakukan. Harapan akhir tentu kamu menjadi pemenang di SNMPTN.

Agar lebih fokus dalam berlatih, kamu tentu harus tahu bab yang paling sering muncul. Repotnya, banyak siswa yang tidak tahu bab apa saja yang paling sering muncul di SNMPTN. Atau siswa ingin mendata soal SNMPTN namun ia tidak mempunyai kumpulan soal SNMPTN tahun sebelumnya di Wilayah I s.d IV. Untungnya, Penerbit Duta secara lengkap memberikan data statistik soal yang sering keluar di SNMPTN. Hal ini bisa digunakan sebagai acuan bagi siswa prioritas bab yang harus dipelajari. Banyak siswa yang tidak punya skala prioritas akhirnya menjadi tidak fokus dalam persiapan SNMPTN.

Mengamati tipe soal SNMPTN sejak beberapa tahun terakhir, materi mekanika masih merupakan materi yang paling sering muncul. Dari 15 soal SNMPTN, paling tidak 3 soal mekanika pasti keluar dan rata-rata 4 soal yang keluar di SNMPTN. Bahkan di UM-UGM pernah keluar 7 soal mekanika. Materi listrik magnet adalah materi ke dua yang paling sering muncul. Rata-rata 3 soal keluar di SNMPTN. Bab yang lain berada di urutan lebih bawah, hanya keluar antara 2 sampai dengan 3 soal dan jarang lebih dari jumlah itu. Nah, bagaimana tipe soal Fisika yang sering keluar di SNMPTN? Ikuti minggu berikutnya! (AH)

14Feb2011