shadow

KIAT SUKSES MENGHADAPI MASALAH

Posted by Syahrul Ghani , category Motivation, read 1165

Akhir-akhir ini sering ditemukan berita di media massa banyak kasus bunuh diri, yang lebih tragis mereka bunuh diri dengan cara melompat dari mall atau gedung yang menjadi  tempat kegiatan masyarakat.

Mungkin kita merasa, Hidup kita setiap harinya semakin bertambah saja, banyak masalah yang kita hadapi baik itu dari teman, sahabat, pacar, di sekolah, tempat bimbingan belajar, atau di rumah sekalipun. Akibat dari beban yang berat itu, tidak sedikit orang yang merasakan terbeban, depresi, stress bahkan sakit jiwa, menderita sakit yang tidak mudah sembuh, kehilangan harapan dan ingin bunuh diri, dsb.

Persoalannya, bagaimana cara pandang kita terhadap suatu masalah. Apakah kita memandangnya bahwa masalah yang dihadapi sangat berat, tidak ada jalan keluar sama sekali, tidak ada orang yang bisa menolong atau masalah yang dihadapi pasti mempunyai jalan keluar, masih ada harapan, alias selalu positif.

    Inilah yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang, setiap kali menghadapi masalah selalu ditanggapi dengan salah. Seharusnya sebagai orang beriman tidak demikian, anda harus mempunyai keyakinan bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluar. Tinggal apakah kita mau untuk mencari jalan keluar tersebut, apakah kita mau memupuk keyakinan dan harapan kita

    Berikut beberapa tips dan cara menghadapi masalah :


1.Pastikan Mental Anda Telah Siap

Seberapa besar dan hebatnya permasalahan yang anda hadapi, hal paling utama adalah mempersiapkan mental terlebih dahulu. Setiap orang memiliki tingkatan mental yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sering-seringlah mengasah mental anda dengan berbagai latihan mental.

Kuatkan dengan sadar kepada bathin anda bahwa setiap masalah harus diselesaikan dengan tuntas sampai ke asalnya. Jangan hanya setengah-setengah yang akan menimbulkan permasalahan baru lagi yang lebih dahsyat dan hebat.

2.Kumpulkan Pengetahuan Sebanyak-banyaknya

Adanya masalah merupakan reaksi terhadap pengetahuan yang berkembang. Untuk mengatasi permasalahan yang muncul, anda harus mengumpulkan dasar-dasar pengetahuan yang berhubungan ataupun tidak berhubungan dengan permasalahan tersebut tetapi masih relevan dengan perkembangan jaman. Semakin banyak anda mendapatkan pengetahuan, semakin mudah dan cemerlang anda menyelesaikan masalah itu.

Bagaimana mencari dan mengumpulkan pengetahuan yang memadai tersebut? Cobalah dengan berbagai cara, hal yang termudah adalah dengan membuka cakrawala pengetahuan dan daya pikir; perbanyak membaca dan menyimpulkan pengetahuan yang berkembang; janganlah anda merasa hebat dan besar karena anda memiliki pengetahuan dan kedudukan yang tinggi dalam suatu organisasi tanpa mau belajar dan mengembangkan diri dan pengetahuan anda, ingatlah kata-kata bijak "Padi, semakin berisi semakin merunduk"; dan lain sebagainya.

3.Buatlah Nafas Irama

Nafas, bagi makhluk hidup merupakan kunci yang paling penting. Tidak dapat bernafas berarti tidak hidup atau mati. Dengan bernafas, makhluk hidup melakukan proses pengambilan udara untuk mempertahankan hidupnya.

Ketika anda bernafas maka udara akan memenuhi rongga dada, berarti banyak Oksigen yang terhirup masuk ke dalam paru-paru. Oksigen tersebut kemudian akan disebarkan oleh darah ke seluruh tubuh. Proses ini membuat badan anda akan terasa segar. Mengapa? Karena semua sel-sel, otot-otot, dan berbagai jaringan tubuh lainnya menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, terarah dan seimbang dari pasokan Oksigen tersebut.

Menarik nafas kemudian mengeluarkannya merupakan cara yang lazim dilakukan orang untuk memenuhi rongga paru-paru dengan Oksigen. Bagaimana cara yang efektif mengatur nafas agar berfungsi ganda? Dalam beberapa buku dan literatur, dapat ditemukan dan disimpulkan bahwa untuk mendapatkan manfaat dari setaip proses pernafasan memiliki aturan-aturan atau tata cara tertentu. Tetapi disini akan disajikan sebuah teknik yang mudah dan efektif, yaitu: anda menarik nafas dalam 4 hitungan detik, menahan nafas dalam hitungan yang sama kemudian mengeluarkan nafas dengan 4 hitungan detik juga.

Pernafasan seperti ini sering disebut "nafas irama". Sebab pengambilan dan pengeluaran nafas akan menghasilkan sebuah irama, yaitu: irama tarik-lepas nafas, irama bathin dan irama pikiran. Efeknya adalah anda akan memiliki konsentrasi dan dapat juga membuka alam bawah sadar, dimana hampir seluruh ingatan tersimpan disana.

Pernafasan ini baik sekali dilakukan dalam 5-6 kali saja. Tetapi semakin anda sering melakukan teknik pernafasan ini maka akan semakin baik manfaatnya bagi tubuh anda. Pernafasan ini juga baik dilakukan untuk mengonsentrasikan aliran Oksigen agar mengalir ke sel-sel syaraf dan otot-otot di otak. Manfaat dari konsentrasi ini adalah menimbulkan aliran ide-ide, gagasan-gagasan, dan teknik-teknik baru yang anda butuhkan.

Teknik pernafasan diatas hanyalah sekedar contoh praktis yang dapat membantu anda dalam kondisi kritis. Pernafasan ini dapat anda lakukan kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun dengan catatan cukup tersedia Oksigen untuk dihirup. Jangan melakukan pernafasan ditempat-tempat yang Oksigennya miskin. Oleh karena itu, disarankan untuk mencari atau paling tidak menemukan tempat yang memiliki Oksigen berlebih. Jika anda tertarik untuk mengembangkan pernafasan maka anda dapat mengikuti program-program pernafasan yang diberikan oleh lembaga seni bela diri dan pernafasan. Disana anda akan diajarkan secara mendetail tentang cara-cara mengolah raga dan cara-cara mengolah nafas yang baik, terarah dan bermanfaat.

4.Temukan Penyelesaian Baru

Setiap masalah, pada dasarnya terus berkembang dan mengalami revolusi. Untuk menyelesaikannya, anda harus revolusioner juga. Artinya bahwa anda harus memiliki puluhan, ratusan bahkan ribuan cara-cara dan teknik-teknik baru untuk menghadapinya. Orang hebat bukanlah orang yang mampu menyelesaikan masalahnya dengan baik dan cepat, tetapi seseorang yang mampu menghasilkan cara-cara baru dan teknik-teknik baru dalam menghadapi setiap permasalahan yang muncul.

Bagaimana mendapatkan cara-cara dan teknik-teknik baru tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Mengapa? Karena semua permasalahan berpulang kembali kepada anda. Seberapa baiknya anda mengatur mental, seberapa banyak anda mengumpulkan pengetahuan yang relevan dan seberapa banyak anda membuat ide-ide dan gagasan-gagasan tertentu.

Rangkaian tips tersebut hanyalah sekedar kalimat-kalimat. Tetapi ia mampu hidup dan berkembang sepanjang anda mempraktekkan dan membuktikannya dalam kehidupan ini. Caranya adalah dengan melakukan, mengkombinasikan dan mengetrapkan dengan sebaik mungkin. Anda harus yakin bahwa setiap masalah pastilah ada jalan keluarnya. Lebar atau sempit jalan keluar dipengaruhi oleh seberapa pandai dan hebatnya anda menggunakan cara-cara dan teknik-teknik baru anda.

Meskipun begitu, tetap saja kita harus memulai memperbaiki diri sendiri. Dari pada kita putus asa, menangis dan menyerah, lebih baik kita mulai bangkit dari keterpurukan dan memilih sikap untuk terus berjuang. Ingatlah kata pepatah: ?gagal adalah awal dari keberhasilan.? Dan pepatah ini bukan omong kosong. Nilai moral dari pepatah ini adalah bahwa kita harus memiliki pandangan dan sikap positif untuk memandang suatu masalah atau kegagalan sebagai awal dari keberhasilan. Sikap inilah yang harus kita bangun terlebih dahulu. Jangan pernah putus asa walaupun kita mengalami kegagalan berkali-kali.

 
Nasehat lain yang baik adalah: ?no pain no gain.? Untuk maju kita harus menderita. Anggaplah penderitaan kita hari ini dan kesukaran yang kita hadapi sekarang adalah demi kemajuan dan keberhasilan yang telah menanti kita di ujung sana. (J)

22Feb2010